Bangga dengan Kakao Indonesia

No. ISBN: 9786023751273

Bangga dengan Kakao Indonesia

oleh Anwar Adnan Saleh

Sinopsis

Indonesia, sebagai produsen kakao terbesar ketiga di dunia, memiliki sejumlah keunggulan strategis dibanding negara produsen lain. Mari kita beradai-andai, seandainya petani kakao memilih tidak memanen buah, atau menebang pohonnya, hal buruk segera terjadi. Pasokan biji kakao akan merosot tajam, pasalnya Indonesia me- rupakan produsen terbesar ketiga di dunia. Kita memiliki senjata untuk menciptakan riak dan gejolak global. Sebab itu, menurut saya, kakao dapat menjadi alat diplomasi yang sangat ampuh bagi Indonesia. Namun sayangnya kita belum menyadarinya.

***

“Buku ini dapat menginspirasi kita untuk bangga dengan kakao Indonesia.” Prof. Dr. Ir. Bungaran Saragih, M.Ec. (“Begawan Pertanian” dan Menteri Pertanian Indonesia periode 2000 - 2004)

“Ini merupakan bentuk passion dari Anwar Adnan Saleh. Buku ini sangat baik dibaca dan dijadikan rujukan oleh para pemangku kepentingan, pengambil kebijakan, mahasiswa, maupun masyarakat.” Ir. Achmad Manggabarani, MM., (Pakar Perkebunan dan Ketua Forum Pengembangan Perkebunan Strategis Berkelanjutan {FP2SB})

“Siapa pun yang peduli terhadap pembangunan kakao dan ekonomi pertanian Indonesia, baik akade- misi, petani, praktisi, perumus kebijakan maupun masyarakat luas, perlu membaca buku ini.” Prof. Dr. Bustanul Arifin (Guru Besar UNILA, Ekonom Senior INDEF, dan Ketua Perhim- punan Ekonomi Pertanian Indonesia {PERHEPI}) 

Buku Sejenis

comments powered by Disqus
Loading