Panduan Praktis Dasar Analisa Keuangan (Edisi Revisi)

No. ISBN: 9786023753987

Panduan Praktis Dasar Analisa Keuangan (Edisi Revisi)

oleh Arief Sugiono, S.E, M.Ak.

Sinopsis

Buku ini menunjukkan bagaimana cara membaca, memahami, dan melakukan analisa terhadap laporan keuangan. Oleh karena masih terbatasnya referensi tentang analisa laporan keuangan, buku ini diharapkan membantu tidak hanya bagi kalangan akademisi (mahasiswa), tetapi juga kepada pihak yang berhubungan/ para pemakai laporan keuangan: para analis keuangan, bagian controller perusahaan, investor, pihak perbankan, dan lain sebagainya.

Keistimewaan dalam buku ini.

Secara keseluruhan buku ini terdiri dari 8 bab yang dibagi menjadi 2 bagian utama:

  1. Bagian 1: berisikan mengenai pemahaman laporan keuangan utama perusahaan yaitu : Neraca (Bab 2), Laporan Rugi Laba (Bab 3), Laporan Laba Ditahan dan Laporan Modal Sendiri (Bab 4) serta Laporan Arus Kas (Bab 5) serta pada bagian pendahuluan (Bab 1. laporan Keuangan Sebagai Informasi Data Akuntansi) disinggung pula mengenai kegunaan dan tahapan–tahapan dalam analisa laporan keuangan.

  2. Bagian 2: terdiri dari 3 bab yang diuraikan mengenai analisa pendahuluan atau Spreading dan Analisa Common Size (Bab 6) yang biasanya sering dilupakan oleh para analis. Analisa rasio keuangan dibahas secara khusus pada Bab 7 termasuk juga analisa penilaian (valuation) yang biasanya dipergunakan pada perusahaan go public. Dan yang merupakan keistimewaan buku ini adalah pada Bab 8 yang diulas mengenai analisa arus kas (Cash Flow Mechanic) yang secara umum dipakai oleh dunia perbankan dalam melakukan penilaian terhadap arus kas perusahaan, pola pembelanjaan perusahaan serta analisa ini digunakan untuk menilai kelayakan kredit dan Analisis Kebangkrutan (Bab 9) yang merupakan tambahan materi pada edisi revisi ini.

Pada lampiran, diberikan juga contoh studi kasus analisa baik pada perusahaan yang sudah go public dan perusahaan yang belum go public. 

Buku Sejenis

comments powered by Disqus
Loading