Blog

9 Lagu untuk Menemani Anda Menulis

L9 Lagu untuk Menemani Anda Menulis

9 Lagu untuk Menemani Anda Menulis 9 Lagu untuk Menemani Anda Menulis Menulis merupakan konspirasi yang manis antara otak dan perasaan Anda, serta didukung seluruh indera. Dalam hal ini, indera pendengaran juga memberi kontribusi yang tidak sedikit. Banyak penulis yang menulis sambil ditemani alunan musik yang mampu merangsang mereka untuk lebih tekun, dan kreatif. Mengenai musik dan produktivitas ini, pada 23 Oktober 2014, ada sebuah artikel dari The Telegraph yang menarik. Artikel tersebut membahas sebuah studi yang dilakukan oleh Mindlab International mengenai hubungan antara musik dan produktivitas. Dr. David Lewis, seorang neuropsikolog, sekaligus pemimpin Mindlab International mengatakan, “Musik merupakan alat yang sangat kuat untuk meningkatkan bukan saja efisiensi kerja, tapi juga kondisi mental, emosional yang lebih positif.” Berdasarkan riset yang dilakukan perusahaan tersebut, 9 dari 10 pekerja menampakkan performa kerja yang baik ketika mereka mendengarkan musik. Sekian jenis musik diperdengarkan dalam riset tersebut, untuk melihat karakter musik dan “kontribusi” yang dihasilkan secara psikologis. Jika Anda sedang menulis sesuatu, Anda bisa mempertimbangkan hasil riset dari Mindlab International ini. Berikut adalah musik yang bisa menemani Anda kala bekerja: Musik Klasik: Jika Anda Berkutat pada Hal-hal yang Membutuhkan Ketelitian pada Detail. Musik Klasik terbukti cukup membantu ketika Anda berurusan dengan data dan hal-hal seputar angka. Anda akan terbantu menjadi lebih akurat dalam berhitung dan menganalisis. Selain itu, musik ini juga membantu Anda dalam mengecek ejaan. Musik Pop: Jika Anda Sedang Mengejar Deadline. Musik Pop terbukti bisa mempercepat pengerjaan tugas. Musik pop juga merangsang Anda untuk segera memperoleh inspirasi. Dengan musik pop, Anda juga bisa melakukan kegiatan pengecekan ulang dengan lebih cepat. Mungkin karena ketika orang cenderung gembira (sambil bersenandung), tugas jadi bisa lebih cepat selesai. Ambient Music: Jika Anda Sedang Memecahkan Suatu Persoalan. Ambient music biasanya adalah musik-musik instrumentalia (sering menggunakan alat musik tradisional) yang menitikberatkan pada penciptaan suasana tertentu (biasanya suasana rileks). Jika saat ini, tulisan Anda sedang memasuki bagian yang paling pelik, Anda bisa mencoba memutar musik-musik semacam ini. Dance Musik: Jika Anda Sedang Melakukan Proof-reading dan Problem Solving. Genre ini membuat Anda bisa lebih cepat melakukan segala pekerjaan yang berhubungan dengan pengecekan dan pencarian solusi suatu problem. Jika Anda sedang buntu (writer’s block), putarlah musik-musik dance (mungkin juga sambil menggerakkan badan). Berdasarkan kategori di atas, apa saja lagu-lagu pilihan redaksi Grasindo? Berikut ini terdapat 10 lagu yang masuk daftar lagu pilihan untuk menemani Anda menulis. Bagaimana dengan Anda? Apa playlist Anda?   ;psbn& ?adnA tsilyalp apA ?adnA nagned anamiagaB .silunem adnA inamenem kutnu nahilip ugal ratfad kusam gnay ugal 01 tapadret ini tukireB ?odnisarG iskader nahilip ugal-ugal ajas apa ,sata id irogetak nakrasadreB .)nadab nakkareggnem libmas aguj nikgnum( ecnad kisum-kisum halratup ,)kcolb s;ouqsr&retirw( utnub gnades adnA akiJ .melborp utaus isulos nairacnep nad nakecegnep nagned nagnubuhreb gnay naajrekep alages nakukalem tapec hibel asib adnA taubmem ini erneG .gnivloS melborP nad gnidaer-foorP nakukaleM gnadeS adnA akiJ :kisuM ecnaD .ini macames kisum-kisum ratumem abocnem asib adnA ,kilep gnilap gnay naigab ikusamem gnades adnA nasilut ,ini taas akiJ .)skelir anasaus aynasaib( utnetret anasaus naatpicnep adap naktarebkitinem gnay )lanoisidart kisum tala nakanuggnem gnires( ailatnemurtsni kisum-kisum halada aynasaib cisum tneibmA .nalaosreP utauS nakhacemeM gnadeS adnA akiJ :cisuM tneibmA .iaseles tapec hibel asib idaj sagut ,)gnudnanesreb libmas( aribmeg gnurednec gnaro akitek anerak nikgnuM .tapec hibel nagned gnalu nakecegnep nataigek nakukalem asib aguj adnA ,pop kisum nagneD .isaripsni helorepmem areges kutnu adnA gnasgnarem aguj pop kisuM .sagut naajregnep tapecrepmem asib itkubret poP kisuM .enildaeD rajegneM gnadeS adnA akiJ :poP kisuM .naaje kecegnem malad adnA utnabmem aguj ini kisum ,uti nialeS .sisilanagnem nad gnutihreb malad taruka hibel idajnem utnabret naka adnA .akgna ratupes lah-lah nad atad nagned nasurureb adnA akitek utnabmem pukuc itkubret kisalK kisuM .liateD adap naitileteK nakhutubmeM gnay lah-laH adap tatukreB adnA akiJ :kisalK kisuM :ajrekeb alak adnA inamenem asib gnay kisum halada tukireB .ini lanoitanretnI baldniM irad tesir lisah nakgnabmitrepmem asib adnA ,utauses silunem gnades adnA akiJ .sigolokisp araces naklisahid gnay ;ouqdr&isubirtnok;ouqdl& nad kisum retkarak tahilem kutnu ,tubesret tesir malad nakragnedrepid kisum sinej naikeS .kisum nakragnednem akerem akitek kiab gnay ajrek amrofrep nakkapmanem ajrekep 01 irad 9 ,tubesret naahasurep nakukalid gnay tesir nakrasadreB ;ouqdr&.fitisop hibel gnay lanoisome ,latnem isidnok aguj ipat ,ajrek isneisife ajas nakub naktakgninem kutnu tauk tagnas gnay tala nakapurem kisuM;ouqdl& ,nakatagnem lanoitanretnI baldniM nipmimep sugilakes ,golokisporuen gnaroes ,siweL divaD .rD .sativitkudorp nad kisum aratna nagnubuh ianegnem lanoitanretnI baldniM helo nakukalid gnay iduts haubes sahabmem tubesret lekitrA .kiranem gnay hpargeleT ehT irad lekitra haubes ada ,4102 rebotkO 32 adap ,ini sativitkudorp nad kisum ianegneM .fitaerk nad ,nuket hibel kutnu akerem gnasgnarem upmam gnay kisum nanula inametid libmas silunem gnay silunep kaynaB .tikides kadit gnay isubirtnok irebmem aguj naragnednep aredni ,ini lah malaD .aredni hurules gnukudid atres ,adnA naasarep nad kato aratna sinam gnay isaripsnok nakapurem siluneM siluneM adnA inameneM kutnu ugaL 9 siluneM adnA inameneM kutnu ugaL 9
14 July 2015
Jadi Penulis Harus Tahu Cara Memasarkan

LJadi Penulis Harus Tahu Cara Memasarkan

Jadi Penulis Harus Tahu Cara Memasarkan Jadi Penulis Harus Tahu Cara Memasarkan Apakah Anda pernah mengirimkan naskah ke suatu penerbit? Apakah Anda menerima balasan berupa pesan dari editor yang intinya kurang lebih: Mohon maaf, naskah Anda tidak cukup diminati oleh pasar saat ini? Jika itu adalah kali pertama Anda mengalaminya, anggaplah itu sebagai ucapan selamat datang ke realitas dunia industri perbukuan. Realitas dunia industri (tidak hanya perbukuan) memang beriringan dengan prinsip sederhana gerak pasar, yaitu permintaan (demand) – persediaan (supply). Maka, ketika Anda berhasrat untuk menjadi penulis, Anda akan segera diposisikan sebagai penyedia, atau si empunya barang dagangan. Dengan kata lain, Anda diandaikan menguasai betul pasar buku Anda, dan yakin bahwa buku saya diminati. Istilah yang lebih keren tentang ini adalah: penulis harus bisa sekaligus menjadi pemasar (marketeer). Sesuai dengan definisi di kamus online Meriam-Webster, marketeer (n./kata benda) adalah seseorang atau perusahaan yang menjual atau mempromosikan sebuah produk atau layanan. Karena itu, penulis yang merangkap sebagai pemasar, memiliki tugas ekstra: ia harus membantu menyediakan cara penjualan produk tersebut. Pada praktiknya, penerbit tidak akan mendesak penulis untuk turun dan berjualan secara langsung, secara harafiah. Tugas sebagai pemasar diemban oleh penulis ketika ia dan pihak penerbit mendiskusikan tentang seberapa besar kemungkinan naskahnya akan laku. Dalam diskusi tersebut, mau tidak mau, seorang penulis diajak untuk ikut berpikir ala pemasar, misalnya dengan menjelaskan: siapa pesaingnya, siapa kemungkinan yang akan jadi pembelinya, apakah pangsa pasar (market share) buku ini besar atau sebenarnya bersifat niche market, bagaimana masuk ke komunitas-komunitas yang potensial, bagaimana merancang launching yang merangsang pembelian, dan semacamnya. Penerbit dan penulis akan saling berelaborasi, sampai pada titik di mana keduanya berseru mantap: buku ini potensial! Jika sudah begitu, naskah Anda akan segera diterbitkan. Nah, sebagai pemasar, paling tidak Anda perlu tahu tentang potensi buku Anda. Pada 1970, Boston Consulting Group (BCG) mengembangkan sebuah metode untuk mengukur kekuatan produk atau portofolio suatu perusahaan. Dalam bentuk yang sederhana, menurut BCG, kita bisa menilai suatu produk melalui 2 faktor: 1. Pangsa pasar Seberapa banyak penjualan yang dihasilkan oleh bidang produk tersebut. Biasanya, Anda bisa mengukur melalui data penjualan dalam rentang tertentu. Misalnya, karya Anda adalah novel remaja dengan tema percintaan. Anda perlu mendalami seberapa lakunya tema percintaan selama ini. Jika perlu, Anda bisa lebih spesifik, misalnya: ending novel Anda adalah “tokoh utama memilih untuk tetap jomblo”, maka cari tahuberapa banyak, novel dengan ending demikian yang laku di pasaran. 2. Trend Apakah sekarang sedang terjadi kenaikan minat atau permintaan yang mencolok dari bidang produk tersebut. Anda bisa mengamati melalui data, atau secara sederhana, melalui riset yang sudah dilakukan di aneka media (televisi, twitter, radio, dan lain-lain). Misalnya, Anda tertarik menulis novel bersetting Korea. Maka, cari tahu, apakah sekarang novel-novel bersetting Korea sedang digemari. Berdasarkan 2 faktor tersebut, BCG memberikan 4 kategori. Dengan menilai berdasarkan 4 kategori tersebut, Anda (dan penerbit) bisa menentukan apakah produk ini cukup prospektif untuk dipasarkan: Cash cows adalah produk-produk yang memiliki pangsa pasar tinggi walaupun tidak sedang nge-trend. Artinya, produk ini jelas akan diminati, dan tidak perlu upaya promosi ekstra. Contoh produk yang masuk kategori ini antara lain kamus Inggris-Indonesia (setiap tahun selalu ada permintaan), atau buku-buku pegangan. Biasanya: disetujui. Stars adalah produk-produk yang memiliki pangsa pasar tinggi, dan sedang nge-trend. Artinya, produk ini jelas akan diminati, dan pasti perlu menggeber promosinya (untuk merajai persaingan). Biasanya: disetujui. Question Marks adalah produk-produk yang memiliki pangsa pasar rendah, namun sedang nge-trend saat ini. Anda tahu segmen buku ini sangat terbatas, tapi toh sedang ada trend gila-gilaan. Biasanya: dipertanyakan dan diperlukan penyelidikan lebih lanjut supaya pengemasan produk lebih tajam, dan diperlukan ketajaman untuk memperkirakan seberapa banyak jumlah cetakan, supaya stock tidak menumpuk (ketika trend tiba-tiba berakhir). Contoh tentang ini: trend batu akik. Dogs adalah produk-produk yang memiliki pangsa pasar rendah dan tidak sedang ngetrend. Satu-satunya alasan untuk menerbitkan produk semacam ini adalah jika ditemukan nilai lain selain nilai finansial. Misal, produk yang akan mengangkat brand penerbit, produk yang membawa misi tertentu, atau nilai-nilai lain. Nah, sudahkah Anda mengenali produk Anda sendiri? ?iridnes adnA kudorp ilanegnem adnA hakhadus ,haN .nial ialin-ialin uata ,utnetret isim awabmem gnay kudorp ,tibrenep dnarb takgnagnem naka gnay kudorp ,lasiM .laisnanif ialin niales nial ialin nakumetid akij halada ini macames kudorp naktibrenem kutnu nasala aynutas-utaS .dnertegn gnades kadit nad hadner rasap asgnap ikilimem gnay kudorp-kudorp halada sgoD .kika utab dnert :ini gnatnet hotnoC .)rihkareb abit-abit dnert akitek( kupmunem kadit kcots ayapus ,nakatec halmuj kaynab aparebes nakarikrepmem kutnu namajatek nakulrepid nad ,majat hibel kudorp nasamegnep ayapus tujnal hibel nakidileynep nakulrepid nad nakaynatrepid :aynasaiB .naalig-alig dnert ada gnades hot ipat ,satabret tagnas ini ukub nemges uhat adnA .ini taas dnert-egn gnades numan ,hadner rasap asgnap ikilimem gnay kudorp-kudorp halada skraM noitseuQ .iujutesid :aynasaiB .)nagniasrep iajarem kutnu( aynisomorp rebeggnem ulrep itsap nad ,itanimid naka salej ini kudorp ,aynitrA .dnert-egn gnades nad ,iggnit rasap asgnap ikilimem gnay kudorp-kudorp halada sratS .iujutesid :aynasaiB .nagnagep ukub-ukub uata ,)naatnimrep ada ulales nuhat paites( aisenodnI-sirggnI sumak nial aratna ini irogetak kusam gnay kudorp hotnoC .artske isomorp ayapu ulrep kadit nad ,itanimid naka salej ini kudorp ,aynitrA .dnert-egn gnades kadit nupualaw iggnit rasap asgnap ikilimem gnay kudorp-kudorp halada swoc hsaC :nakrasapid kutnu fitkepsorp pukuc ini kudorp hakapa nakutnenem asib )tibrenep nad( adnA ,tubesret irogetak 4 nakrasadreb ialinem nagneD .irogetak 4 nakirebmem GCB ,tubesret rotkaf 2 nakrasadreB .iramegid gnades aeroK gnittesreb levon-levon gnarakes hakapa ,uhat irac ,akaM .aeroK gnittesreb levon silunem kiratret adnA ,aynlasiM .)nial-nial nad ,oidar ,rettiwt ,isivelet( aidem akena id nakukalid hadus gnay tesir iulalem ,anahredes araces uata ,atad iulalem itamagnem asib adnA .tubesret kudorp gnadib irad kolocnem gnay naatnimrep uata tanim nakianek idajret gnades gnarakes hakapA dnerT .2 .narasap id ukal gnay naikimed gnidne nagned levon ,kaynab aparebuhat irac akam ,;ouqdr&olbmoj patet kutnu hilimem amatu hokot;ouqdl& halada adnA levon gnidne :aynlasim ,kifiseps hibel asib adnA ,ulrep akiJ .ini amales naatnicrep amet aynukal aparebes imaladnem ulrep adnA .naatnicrep amet nagned ajamer levon halada adnA ayrak ,aynlasiM .utnetret gnatner malad nalaujnep atad iulalem rukugnem asib adnA ,aynasaiB .tubesret kudorp gnadib helo naklisahid gnay nalaujnep kaynab aparebeS rasap asgnaP .1 :rotkaf 2 iulalem kudorp utaus ialinem asib atik ,GCB turunem ,anahredes gnay kutneb malaD .naahasurep utaus oilofotrop uata kudorp nataukek rukugnem kutnu edotem haubes nakgnabmegnem )GCB( puorG gnitlusnoC notsoB ,0791 adaP .adnA ukub isnetop gnatnet uhat ulrep adnA kadit gnilap ,rasamep iagabes ,haN .naktibretid areges naka adnA haksan ,utigeb hadus akiJ !laisnetop ini ukub :patnam uresreb aynaudek anam id kitit adap iapmas ,isarobalereb gnilas naka silunep nad tibreneP .aynmacames nad ,nailebmep gnasgnarem gnay gnihcnual gnacnarem anamiagab ,laisnetop gnay satinumok-satinumok ek kusam anamiagab ,tekram ehcin tafisreb aynranebes uata raseb ini ukub )erahs tekram( rasap asgnap hakapa ,aynilebmep idaj naka gnay nanikgnumek apais ,ayngniasep apais :naksalejnem nagned aynlasim ,rasamep ala rikipreb tuki kutnu kajaid silunep gnaroes ,uam kadit uam ,tubesret isuksid malaD .ukal naka aynhaksan nanikgnumek raseb aparebes gnatnet nakisuksidnem tibrenep kahip nad ai akitek silunep helo nabmeid rasamep iagabes saguT .haifarah araces ,gnusgnal araces nalaujreb nad nurut kutnu silunep kasednem naka kadit tibrenep ,aynkitkarp adaP .tubesret kudorp nalaujnep arac nakaideynem utnabmem surah ai :artske sagut ikilimem ,rasamep iagabes pakgnarem gnay silunep ,uti aneraK .nanayal uata kudorp haubes nakisomorpmem uata laujnem gnay naahasurep uata gnaroeses halada )adneb atak/.n( reetekram ,retsbeW-maireM enilno sumak id isinifed nagned iauseS .)reetekram( rasamep idajnem sugilakes asib surah silunep :halada ini gnatnet nerek hibel gnay halitsI .itanimid ayas ukub awhab nikay nad ,adnA ukub rasap luteb iasaugnem nakiadnaid adnA ,nial atak nagneD .nagnagad gnarab aynupme is uata ,aideynep iagabes nakisisopid areges naka adnA ,silunep idajnem kutnu tarsahreb adnA akitek ,akaM .)ylppus( naaidesrep ;hsadn& )dnamed( naatnimrep utiay ,rasap kareg anahredes pisnirp nagned nagnirireb gnamem )naukubrep aynah kadit( irtsudni ainud satilaeR .naukubrep irtsudni ainud satilaer ek gnatad tamales napacu iagabes uti halpaggna ,aynimalagnem adnA amatrep ilak halada uti akiJ ?ini taas rasap helo itanimid pukuc kadit adnA haksan ,faam nohoM :hibel gnaruk aynitni gnay rotide irad nasep apureb nasalab amirenem adnA hakapA ?tibrenep utaus ek haksan nakmirignem hanrep adnA hakapA nakrasameM araC uhaT suraH siluneP idaJ nakrasameM araC uhaT suraH siluneP idaJ
13 July 2015
Apakah Bagimu Menulis Itu Menyenangkan?

LApakah Bagimu Menulis Itu Menyenangkan?

Apakah Bagimu Menulis Itu Menyenangkan? Apakah Bagimu Menulis Itu Menyenangkan? Di meja redaksi Grasindo, setiap hari ada banyak naskah yang masuk. Sebagian besar naskah tersebut datang dari penulis-penulis baru. Menyenangkan sekali rasanya melihat antusiasme yang sedemikian besar tersebut. Namun ada yang menggelitik. Rata-rata penulis menyebutkan dalam biodata yang terlampir, bahwa menjadi penulis adalah renjana (passion) mereka. Memang renjana (passion) telah menjadi kata yang sering sekali berseliweran, dan laris dipakai untuk memotivasi orang-orang. Beberapa life coach atau career coach memotivasi orang untuk mengikuti renjana mereka, niscaya kesuksesan akan menghampiri. Malahan, pada akhirnya, tidak jarang ada yang sampai pada kesimpulan: renjana adalah faktor penentu kesuksesan Anda. Apakah itu yang ada di benak para penulis pemula ketika menuliskan biodata mereka? Mungkin saja. Tentang renjana, seorang penulis Amerika, Cal Newport, menulis sebuah artikel yang baik. Dari artikel tersebut (dan dari buku-buku yang telah ia tulis), ia menyoroti fenomena saat ini, bahwa orang percaya, demi meraih kesuksesan ia harus menemukan passion-nya (sedini mungkin), dan ketika berhasil ditemukan, asal diikuti, Anda akan sukses. Walhasil, Anda akan menganggap bahwa renjana adalah semacam panggilan atau keinginan dari dalam, bersifat spesifik, dan harus segera Anda temukan. Sebelum memutuskan kuliah, Anda harus berkanjang untuk menentukan jadi apa Anda kelak. Sebelum mencari kerja, Anda harus menunggu “panggilan diri” tersebut mendatangi Anda. Bahkan ketika Anda bekerja, boleh jadi Anda tetap disibukkan dengan pertanyaan, “Apakah ini sesuai keinginanku?” Namun, menurut Newport, alih-alih menganggap renjana sebagai sesuatu yang telah ada sebelumnya (pre-exist), dan menjadi sebab utama, alangkah lebih tepat untuk memandang renjana sebagai sebuah konsekuensi, alias sebuah dampak/akibat. Cal mengatakan bahwa renjana akan muncul dengan sendirinya, dan mengikuti Anda. Siapa pun (sebagai apa pun) memiliki kesempatan untuk mendapatkannya. Syaratnya, lakukanlah suatu pekerjaan dengan ketekunan (hard work). Untuk memperoleh ketekunan ini, Newport mengatakan bahwa orang harus memiliki: (1) “Sense of autonomy“: Anda tidak dalam keadaan terpaksa, Anda sungguh-sungguh memiliki kendali, (2) “Sense of mastery“: Anda cakap dalam bidang ini, dan bisa terus mendalami bidang ini, (3) “Sense of purpose“: Anda tahu pekerjaan ini memiliki makna, setidaknya bagi lingkungan di sekitar Anda. Jadi bukan lagi, “Follow your passion” tapi “Do something, and passion will follow you”. Senada dengan itu, Mihaly Csikszentmihalyi sejak lama menggunakan istilah “flow”. “Flow” adalah kondisi sangat gembira yang sering dialami musisi, atlet, aktor, seniman, atau karyawan ketika mereka sedang tenggelam dalam aktivitas mereka. Mereka memang sangat lelah dengan suatu aktivitas, tapi itu tidak penting, karena mereka gembira. Setelah menginterview ribuan profesional, menurut Mihaly, hal-hal inilah yang akan membuat Anda mengalami “flow”: Fokus dengan suatu aktivitas secara mendalam Aktivitas tersebut kita pilih secara merdeka Aktivitas tersebut bukan terlalu gampang (under-chalenging), tapi juga bukan terlalu menekan (over-chalenging) Aktivitas tersebut memiliki tujuan yang jelas, dan.. Memberikan hasil (feedback) yang sifatnya segera. Jadi, apakah menulis sungguh menyenangkan untuk Anda?     ;psbn& ;psbn& ?adnA kutnu nakgnaneynem huggnus silunem hakapa ,idaJ .areges ayntafis gnay )kcabdeef( lisah nakirebmeM ..nad ,salej gnay naujut ikilimem tubesret sativitkA )gnignelahc-revo( nakenem ulalret nakub aguj ipat ,)gnignelahc-rednu( gnapmag ulalret nakub tubesret sativitkA akedrem araces hilip atik tubesret sativitkA maladnem araces sativitka utaus nagned sukoF :;ouqdr&wolf;ouqdl& imalagnem adnA taubmem naka gnay halini lah-lah ,ylahiM turunem ,lanoiseforp naubir weivretnignem haleteS .aribmeg akerem anerak ,gnitnep kadit uti ipat ,sativitka utaus nagned halel tagnas gnamem akereM .akerem sativitka malad maleggnet gnades akerem akitek nawayrak uata ,namines ,rotka ,telta ,isisum imalaid gnires gnay aribmeg tagnas isidnok halada ;ouqdr&wolF;ouqdl& .;ouqdr&wolf;ouqdl& halitsi nakanuggnem amal kajes iylahimtnezskisC ylahiM ,uti nagned adaneS .;ouqdr&uoy wollof lliw noissap dna ,gnihtemos oD;ouqdl& ipat ;ouqdr&noissap ruoy wolloF;ouqdl& ,igal nakub idaJ .adnA ratikes id nagnukgnil igab aynkadites ,ankam ikilimem ini naajrekep uhat adnA :;ouqdl&esoprup fo esneS;ouqdl& )3( ,ini gnadib imaladnem suret asib nad ,ini gnadib malad pakac adnA :;ouqdl&yretsam fo esneS;ouqdl& )2( ,iladnek ikilimem huggnus-huggnus adnA ,askapret naadaek malad kadit adnA :;ouqdl&ymonotua fo esneS;ouqdl& )1( :ikilimem surah gnaro awhab nakatagnem tropweN ,ini nanuketek helorepmem kutnU .)krow drah( nanuketek nagned naajrekep utaus halnakukal ,ayntarayS .aynnaktapadnem kutnu natapmesek ikilimem )nup apa iagabes( nup apaiS .adnA itukignem nad ,ayniridnes nagned lucnum naka anajner awhab nakatagnem laC .tabika/kapmad haubes saila ,isneukesnok haubes iagabes anajner gnadnamem kutnu tapet hibel hakgnala ,amatu babes idajnem nad ,)tsixe-erp( aynmulebes ada halet gnay utauses iagabes anajner paggnagnem hila-hila ,tropweN turunem ,numaN ;ouqdr&?uknanigniek iauses ini hakapA;ouqdl& ,naaynatrep nagned nakkubisid patet adnA idaj helob ,ajrekeb adnA akitek nakhaB .adnA ignatadnem tubesret ;ouqdr&irid naliggnap;ouqdl& uggnunem surah adnA ,ajrek iracnem mulebeS .kalek adnA apa idaj nakutnenem kutnu gnajnakreb surah adnA ,hailuk naksutumem mulebeS .nakumet adnA areges surah nad ,kifiseps tafisreb ,malad irad nanigniek uata naliggnap macames halada anajner awhab paggnagnem naka adnA ,lisahlaW .seskus naka adnA ,itukiid lasa ,nakumetid lisahreb akitek nad ,)nikgnum inides( ayn-noissap nakumenem surah ai naseskusek hiarem imed ,ayacrep gnaro awhab ,ini taas anemonef itoroynem ai ,)silut ai halet gnay ukub-ukub irad nad( tubesret lekitra iraD .kiab gnay lekitra haubes silunem ,tropweN laC ,akiremA silunep gnaroes ,anajner gnatneT .ajas nikgnuM ?akerem atadoib naksilunem akitek alumep silunep arap kaneb id ada gnay uti hakapA .adnA naseskusek utnenep rotkaf halada anajner :nalupmisek adap iapmas gnay ada gnaraj kadit ,aynrihka adap ,nahalaM .iripmahgnem naka naseskusek ayacsin ,akerem anajner itukignem kutnu gnaro isavitomem hcaoc reerac uata hcaoc efil aparebeB .gnaro-gnaro isavitomem kutnu iakapid siral nad ,narewilesreb ilakes gnires gnay atak idajnem halet )noissap( anajner gnameM .akerem )noissap( anajner halada silunep idajnem awhab ,ripmalret gnay atadoib malad naktubeynem silunep atar-ataR .kitileggnem gnay ada numaN .tubesret raseb naikimedes gnay emsaisutna tahilem aynasar ilakes nakgnaneyneM .urab silunep-silunep irad gnatad tubesret haksan raseb naigabeS .kusam gnay haksan kaynab ada irah paites ,odnisarG iskader ajem iD ?nakgnaneyneM utI siluneM umigaB hakapA ?nakgnaneyneM utI siluneM umigaB hakapA
06 July 2015
Tips Mengirim Naskah ke Penerbit!

LTips Mengirim Naskah ke Penerbit!

Tips Mengirim Naskah ke Penerbit! Tips Mengirim Naskah ke Penerbit! Sebelum nama mereka melambung berkat novel-novel yang ditulis, JK. Rowling dan Stephen King melakukannya. Sebelum kisah pendakian 5 sahabat ke Mahameru mengharubirukan para remaja, Donny Dhirgantoro juga melakukan hal ini. Apa itu? Ya, mengirim naskah. Tepatnya, mengirimkan naskah ke penerbit buku. Jika kamu berpikir untuk menjadi seorang penulis dengan karya yang dibaca secara luas, hal pertama (tentu saja, setelah naskah kamu jadi) yang perlu dilakukan adalah mengirimkan naskahmu ke penerbit. Penerbit akan menerima naskahmu dan membaca dengan saksama. Orang yang memeriksa pantas atau tidaknya naskahmu adalah para editor. Jika editor merasa naskahmu layak untuk diterbitkan, mereka akan menghubungimu, dan tak berapa lama, naskahmu akan beralihrupa menjadi buku yang dapat ditemui di toko-toko buku. Meski demikian, banyak yang belum sadar, bahwa ada hal-hal yang perlu kamu indahkan ketika mengirim naskah tersebut. Persis seperti membuat lamaran kerja, mengirimkan naskah berarti menawarkan naskahmu dengan sebaik-baiknya dan sesempurna mungkin, sehingga penerbit akan berpikir bahwa naskahmu adalah naskah paling menjanjikan yang pernah mereka dapatkan. Ya, kamu memang harus “menampilkan” naskahmu sebaik mungkin, sebab kamu bersaing dengan puluhan bahkan ratusan naskah lain. Bagaimana caranya?   1. Pilihan font dan spasi yang baik Beberapa penerbit memang telah membuat aturan tentang format naskah, termasuk dalam hal ini tentang ukuran/pilihan font serta besar spasi. Namun, jika belum, hendaknya kamu memperhatikan hal ini. Gunakan font yang umum, sebab font yang dekoratif cenderung membuat mata capai. Font yang umum meliputi: Times New Roman, Garamond, Calibri, Cambria, Book, Arial, atau Book Antiqua. Contoh font yang dekoratif adalah: Comic Sans, Mistral, atau Lucida Handwriting. Gunakan ukuran huruf dan spasi yang layak baca, (lagi-lagi) supaya editor tidak capai membaca. Ukuran huruf yang layak adalah 10 – 12 pt (menyesuaikan dengan besarnya karakter font). Sementara, ukuran spasi yang layak antara 1,15 – 2. Susunlah urutan bab dan sub-bab dengan tabulasi yang baik. Tabulasi (tab), sederhananya, adalah pengaturan jarak tubuh paragraf dari batas kiri. Biasanya, sub-bab diatur masuk beberapa sentimeter. Untuk format digital, sebaiknya kamu tidak mengirim dalam format .doc (Microsoft Words), melainkan dalam format .pdf (Adobe). Selain supaya rapi, format .pdf tidak memungkinkan naskahmu “rusak” atau “berubah”. 2. Sinopsis yang singkat dan jelas Sinopsis adalah rangkuman naskahmu? Tidak sepenuhnya benar. Kecenderungan kita, ketika merangkum suatu karya, adalah ingin memasukkan sebanyak-banyaknya informasi, dan akhirnya menjadi sebuah tulisan yang berjejalan dengan ide. Akibatnya, tulisan tersebut jadi sangat tidak nyaman dibaca (oleh editor). Untuk menghindari hal tersebut, bayangkanlah sinopsis sebagai iklan 5 menit. Apa yang kamu lakukan dalam waktu yang terbatas itu untuk menceritakan naskahmu? Taruh plot utama/premis di bagian paling awal. Plot atau premis adalah garis besar isi naskahmu. Maksimal dalam 2 kalimat. Ceritakan perkembangan jalan cerita dalam bukumu, yaitu bagaimana karakter tokoh utama, bagaimana ia menyelesaikan konflik yang terjadi, dan semacamnya. Tunjukkan pendekatan yang “fresh” atau unik dalam buku ini. Editor pasti mencari yang tidak biasa. Tulislah dengan jelas dan tanpa cacat penulisan, untuk menunjukkan kualitas kepenulisanmu. Sinopsis hendaknya tidak lebih dari 1 halaman. 3. Proposal yang meyakinkan Selain menyertakan sinopsis, kamu juga wajib menyertakan proposal. Proposal adalah sebuah tulisan singkat yang ditujukan pada editor, yang isinya mengutarakan keinginan kamu untuk menerbitkan naskah ini, dan alasan-alasan naskah ini pantas untuk diterbitkan. Bagian terpenting dari proposal adalah “siasat” kamu untuk menjelaskan mengapa naskah ini pantas. Maka itu, jawablah dengan menjelaskan 3 hal berikut. Siapa pembaca buku Anda?Jelaskan pada editor, siapa yang berpotensi mencari dan membaca bukumu. Jelaskan secara spesifik, meliputi: umur (remaja, dewasa), gender (wanita, laki-laki), komunitas tertentu. Jangan lupa, tunjukkan pula alasannya. Mengapa buku ini spesial? Dalam hal ini, kamu perlu sadar akan pesaing. Tunjukkan buku-buku pesaing, dan apa yang menjadikan bukumu lebih menjanjikan dari buku yang lain. Editor akan melihat sejauh mana kamu menguasai bidang/genre yang kamu pilih. Dalam hal ini, kamu bisa menunjukkan bagian unik yang jadi kekuatan bukumu. Siapa saya? Kecuali kamu adalah milyuner, selebritas, atau tokoh penting lainnya, kamu tetap harus “mengenalkan” dirimu. Pastikan editor tahu latar belakang kompetensimu. Sertakan pula aktivitasmu baik di komunitas ataupun di dunia maya (jumlah follower twitter, facebook). 4. Pembukaan yang memikat Seorang editor tidak memiliki banyak waktu untuk bersenang-senang membaca naskah yang masuk. Selain ada banyak naskah lain, editor pun memiliki tugas lainnya, yaitu mengedit naskah. Kemungkinan besar, editor mengendus naskah yang baik dengan membaca 3-4 paragraf pertama. Maka buatlah pembukaan yang memikat. 5. Tulisan yang bersih Setiap editor tidak ingin menangani naskah yang penuh dengan kesalahan ejaan, atau tata kalimat. Waktu mereka tidak banyak, maka sangat menjemukan kalau dihabiskan untuk menangani kesalahan-kesalahan yang remeh seperti itu. Pastikan kamu memeriksa dengan teliti, sehingga tulisanmu benar-benar bersih. Kalau kamu sudah siap dengan hal-hal di atas, artinya kamu sudah siap untuk menjadi penulis. Buruan kirim naskahmu! Ada komentar, atau ada pengalaman lain? Jangan ragu untuk share di kolom comment di bawah ini. .ini hawab id tnemmoc molok id erahs kutnu ugar nagnaJ ?nial namalagnep ada uata ,ratnemok adA !umhaksan mirik nauruB .silunep idajnem kutnu pais hadus umak aynitra ,sata id lah-lah nagned pais hadus umak ualaK .hisreb raneb-raneb umnasilut aggnihes ,itilet nagned askiremem umak nakitsaP .uti itrepes hemer gnay nahalasek-nahalasek inagnanem kutnu naksibahid ualak nakumejnem tagnas akam ,kaynab kadit akerem utkaW .tamilak atat uata ,naaje nahalasek nagned hunep gnay haksan inagnanem nigni kadit rotide paiteS hisreb gnay nasiluT .5 .takimem gnay naakubmep haltaub akaM .amatrep fargarap 4-3 acabmem nagned kiab gnay haksan sudnegnem rotide ,raseb nanikgnumeK .haksan tidegnem utiay ,aynnial sagut ikilimem nup rotide ,nial haksan kaynab ada nialeS .kusam gnay haksan acabmem gnanes-gnanesreb kutnu utkaw kaynab ikilimem kadit rotide gnaroeS takimem gnay naakubmeP .4 .)koobecaf ,rettiwt rewollof halmuj( ayam ainud id nupuata satinumok id kiab umsativitka alup nakatreS .umisnetepmok gnakaleb ratal uhat rotide nakitsaP .umirid ;ouqdr&naklanegnem;ouqdl& surah patet umak ,aynnial gnitnep hokot uata ,satirbeles ,renuylim halada umak ilauceK ?ayas apaiS .umukub nataukek idaj gnay kinu naigab nakkujnunem asib umak ,ini lah malaD .hilip umak gnay erneg/gnadib iasaugnem umak anam huajes tahilem naka rotidE .nial gnay ukub irad nakijnajnem hibel umukub nakidajnem gnay apa nad ,gniasep ukub-ukub nakkujnuT .gniasep naka radas ulrep umak ,ini lah malaD ?laiseps ini ukub apagneM .aynnasala alup nakkujnut ,apul nagnaJ .utnetret satinumok ,)ikal-ikal ,atinaw( redneg ,)asawed ,ajamer( rumu :itupilem ,kifiseps araces naksaleJ .umukub acabmem nad iracnem isnetopreb gnay apais ,rotide adap naksaleJ?adnA ukub acabmep apaiS .tukireb lah 3 naksalejnem nagned halbawaj ,uti akaM .satnap ini haksan apagnem naksalejnem kutnu umak ;ouqdr&tasais;ouqdl& halada lasoporp irad gnitnepret naigaB .naktibretid kutnu satnap ini haksan nasala-nasala nad ,ini haksan naktibrenem kutnu umak nanigniek nakaratugnem aynisi gnay ,rotide adap nakujutid gnay takgnis nasilut haubes halada lasoporP .lasoporp nakatreynem bijaw aguj umak ,sisponis nakatreynem nialeS naknikayem gnay lasoporP .3 .namalah 1 irad hibel kadit aynkadneh sisponiS .umnasilunepek satilauk nakkujnunem kutnu ,nasilunep tacac apnat nad salej nagned halsiluT .asaib kadit gnay iracnem itsap rotidE .ini ukub malad kinu uata ;ouqdr&hserf;ouqdl& gnay natakednep nakkujnuT .aynmacames nad ,idajret gnay kilfnok nakiaseleynem ai anamiagab ,amatu hokot retkarak anamiagab utiay ,umukub malad atirec nalaj nagnabmekrep nakatireC .tamilak 2 malad lamiskaM .umhaksan isi raseb sirag halada simerp uata tolP .lawa gnilap naigab id simerp/amatu tolp huraT ?umhaksan nakatirecnem kutnu uti satabret gnay utkaw malad nakukal umak gnay apA .tinem 5 nalki iagabes sisponis halnakgnayab ,tubesret lah iradnihgnem kutnU .)rotide helo( acabid namayn kadit tagnas idaj tubesret nasilut ,ayntabikA .edi nagned nalajejreb gnay nasilut haubes idajnem aynrihka nad ,isamrofni aynkaynab-kaynabes nakkusamem nigni halada ,ayrak utaus mukgnarem akitek ,atik nagnuredneceK .raneb aynhunepes kadiT ?umhaksan namukgnar halada sisponiS salej nad takgnis gnay sisponiS .2 .;ouqdr&habureb;ouqdl& uata ;ouqdr&kasur;ouqdl& umhaksan naknikgnumem kadit fdp. tamrof ,ipar ayapus nialeS .)ebodA( fdp. tamrof malad naknialem ,)sdroW tfosorciM( cod. tamrof malad mirignem kadit umak aynkiabes ,latigid tamrof kutnU .retemitnes aparebeb kusam rutaid bab-bus ,aynasaiB .irik satab irad fargarap hubut karaj narutagnep halada ,aynanahredes ,)bat( isalubaT .kiab gnay isalubat nagned bab-bus nad bab naturu halnusuS .2 ;hsadn& 51,1 aratna kayal gnay isaps naruku ,aratnemeS .)tnof retkarak aynraseb nagned nakiauseynem( tp 21 ;hsadn& 01 halada kayal gnay furuh narukU .acabmem iapac kadit rotide ayapus )igal-igal( ,acab kayal gnay isaps nad furuh naruku nakanuG .gnitirwdnaH adicuL uata ,lartsiM ,snaS cimoC :halada fitaroked gnay tnof hotnoC .auqitnA kooB uata ,lairA ,kooB ,airbmaC ,irbilaC ,dnomaraG ,namoR weN semiT :itupilem mumu gnay tnoF .iapac atam taubmem gnurednec fitaroked gnay tnof babes ,mumu gnay tnof nakanuG .ini lah nakitahrepmem umak aynkadneh ,muleb akij ,numaN .isaps raseb atres tnof nahilip/naruku gnatnet ini lah malad kusamret ,haksan tamrof gnatnet naruta taubmem halet gnamem tibrenep aparebeB kiab gnay isaps nad tnof nahiliP .1 ;psbn& ?aynarac anamiagaB .nial haksan nasutar nakhab nahulup nagned gniasreb umak babes ,nikgnum kiabes umhaksan ;ouqdr&naklipmanem;ouqdl& surah gnamem umak ,aY .naktapad akerem hanrep gnay nakijnajnem gnilap haksan halada umhaksan awhab rikipreb naka tibrenep aggnihes ,nikgnum anrupmeses nad aynkiab-kiabes nagned umhaksan nakrawanem itrareb haksan nakmirignem ,ajrek naramal taubmem itrepes sisreP .tubesret haksan mirignem akitek nakhadni umak ulrep gnay lah-lah ada awhab ,radas muleb gnay kaynab ,naikimed ikseM .ukub okot-okot id iumetid tapad gnay ukub idajnem apurhilareb naka umhaksan ,amal apareb kat nad ,umignubuhgnem naka akerem ,naktibretid kutnu kayal umhaksan asarem rotide akiJ .rotide arap halada umhaksan aynkadit uata satnap askiremem gnay gnarO .amaskas nagned acabmem nad umhaksan amirenem naka tibreneP .tibrenep ek umhaksan nakmirignem halada nakukalid ulrep gnay )idaj umak haksan haletes ,ajas utnet( amatrep lah ,saul araces acabid gnay ayrak nagned silunep gnaroes idajnem kutnu rikipreb umak akiJ .ukub tibrenep ek haksan nakmirignem ,ayntapeT .haksan mirignem ,aY ?uti apA .ini lah nakukalem aguj orotnagrihD ynnoD ,ajamer arap nakuriburahgnem uremahaM ek tabahas 5 naikadnep hasik mulebeS .aynnakukalem gniK nehpetS nad gnilwoR .KJ ,silutid gnay levon-levon takreb gnubmalem akerem aman mulebeS !tibreneP ek haksaN mirigneM spiT !tibreneP ek haksaN mirigneM spiT
29 May 2015